Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Akhlak Lil Banat dengan Santri Era Millenial
DOI:
https://doi.org/10.59261/jequi.v5i1.142Keywords:
relevansi, pendidikan karakter, santri millennialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab akhlak lil banat dengan santri era millennial. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi kasus. Lokasi penelitian di madrasah salafiyah V pondok pesantren komplek R krapyak yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan dengan beberapa santri dan ustadzah pengajar kitab akhlak lil banat. Temuan dalam penelitian ini adalah ada beberapa nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab akhlak lil banat, seperti berakhlak, sopan santun, taat, tawadhu’, religius, menghormati, dan kasih sayang. Selain itu dalam relevansinya menunjukkan bahwa santri era millenial menerapkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab akhlak lil banat. Adaya pengkajian kitab akhlak lil banat untuk membentuk karakter pada diri santri di era millenial. Selain itu, pengkajian kitab akhlak lil banat diharapkan dapat menjadi pengingat, benteng dan sebagai pedoman ketika atau akan melakukan segala sesuatu agar tetap sesuai dengan ajaran ajaran agama Islam.
Downloads
References
Al Ustadz Umar Bin Ahmad Baraja. (n.d.). Kitab Akhlal lil Banat.
Maktabah Muhammad bin Ahmad Nabhan wa Auladah.
Alfauzan Amin. (2014). Aktualisasi Kebebasan dalam Pendidikan Islam di Era Modern. 6(2), 213.
Alfauzan Amin. (2017). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sokalah dan Masyarakat, Analisis Tripusat Pendidikan. 16(1), 111.
Alvita Niamullah. (2022). Telaah Makna Thiyyah pada QS. An Nisa’ Ayat 86. 46(1), 117.
Chusnul Muali, Adi Wibowo, H. (2020). Tantangan Pendidikan Pesantren dalam Membina Karakter Santri Millenial. 3(2), 133.
Emi Suhemi. (2019). Takabbur Dalam Perspektif Al Quran da Hadits.
(2), 205.
Faiq Nurul Izzah dan Nur Hidayat. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter DalaM Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Jilid 1 Karya Al Ustaz Umar Bin Ahmad Baraja Dan Relevansinya Bagi Siswa MI. 5(1), 66.
Fajriyati Khofifah, Mahrur Adam Maulana, N. K. (2022). Pembelajaran Kitab Al-Akhlak Lil Banat dalam Pembentukan Karakter Religius Santri. 1(2), 46.
Hofifah Astuti. (2021). Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis. 1(1), 42.
Kurniawan, R. S. dan B. (2021). Kajian Konstektual Kitab Akhlaqul Banin Dalam Bentuk Karakter Santri. 2(1), 44.
Nurdiana Sari. (2020). Studi Tentang Pendidikan Keluarga Dalam Tinjauan Hadis Nabi. 10, 157.
Prasetyo, A. A. (2020). Internalisasi Hadis Kasih Sayang dalam Mewujudkan Social Interest di Era Disrupsi. 21(1), 213.
Puspa Handayani, Mira Septiana, A. A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. 4(5), 4604.
Said, R. dan A. (2019). Impelentasi Pendidikan Karakter Islam di Era Milenial Pada Pondok Pesantren Mahasiswa. 9(2), 43.
Sariwandi Syahroni. (2017). Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. 6(1), 13.
Siti Fatimah. (2014). Etika Komunikasi dalam Al Quran Studi Tafsir Surat Al Hujurat Ayat 1-8. 1(2), 100.
Sofia Gussevi dan Nur Aeni Muhfi. (2021). Tantangan Mendidik Generasi Milenial Muslim di Era Revolusi Industri 4.0. 2(1), 47.
Sri Wahyuningsih. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus. UTM Press. Syamsu Nahar, Z. dan R. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini dalam
Persfektif Al Quran. 13(1), 80.
Walinah. (2020). Pendidikan Karakter Era Milenial. Qahar Publisher.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Qurrotul A'yun, Mahmud Arif, Alfauzan Amin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.