Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Akhlak Lil Banat dengan Santri Era Millenial

Authors

  • Qurrotul A'yun FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Mahmud Arif FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Alfauzan Amin FTT UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.59261/jequi.v5i1.142

Keywords:

relevansi, pendidikan karakter, santri millennial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab akhlak lil banat dengan santri era millennial. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi kasus. Lokasi penelitian di madrasah salafiyah V pondok pesantren komplek R krapyak yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan dengan beberapa santri dan ustadzah pengajar kitab akhlak lil banat. Temuan dalam penelitian ini adalah ada beberapa nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab akhlak lil banat, seperti berakhlak, sopan santun, taat, tawadhu’, religius, menghormati, dan kasih sayang. Selain itu dalam relevansinya menunjukkan bahwa santri era millenial menerapkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab akhlak lil banat. Adaya pengkajian kitab akhlak lil banat untuk membentuk karakter pada diri santri di era millenial. Selain itu, pengkajian kitab akhlak lil banat diharapkan dapat menjadi pengingat, benteng dan sebagai pedoman ketika atau akan melakukan segala sesuatu agar tetap sesuai dengan ajaran ajaran agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ustadz Umar Bin Ahmad Baraja. (n.d.). Kitab Akhlal lil Banat.

Maktabah Muhammad bin Ahmad Nabhan wa Auladah.

Alfauzan Amin. (2014). Aktualisasi Kebebasan dalam Pendidikan Islam di Era Modern. 6(2), 213.

Alfauzan Amin. (2017). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sokalah dan Masyarakat, Analisis Tripusat Pendidikan. 16(1), 111.

Alvita Niamullah. (2022). Telaah Makna Thiyyah pada QS. An Nisa’ Ayat 86. 46(1), 117.

Chusnul Muali, Adi Wibowo, H. (2020). Tantangan Pendidikan Pesantren dalam Membina Karakter Santri Millenial. 3(2), 133.

Emi Suhemi. (2019). Takabbur Dalam Perspektif Al Quran da Hadits.

(2), 205.

Faiq Nurul Izzah dan Nur Hidayat. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter DalaM Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Jilid 1 Karya Al Ustaz Umar Bin Ahmad Baraja Dan Relevansinya Bagi Siswa MI. 5(1), 66.

Fajriyati Khofifah, Mahrur Adam Maulana, N. K. (2022). Pembelajaran Kitab Al-Akhlak Lil Banat dalam Pembentukan Karakter Religius Santri. 1(2), 46.

Hofifah Astuti. (2021). Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis. 1(1), 42.

Kurniawan, R. S. dan B. (2021). Kajian Konstektual Kitab Akhlaqul Banin Dalam Bentuk Karakter Santri. 2(1), 44.

Nurdiana Sari. (2020). Studi Tentang Pendidikan Keluarga Dalam Tinjauan Hadis Nabi. 10, 157.

Prasetyo, A. A. (2020). Internalisasi Hadis Kasih Sayang dalam Mewujudkan Social Interest di Era Disrupsi. 21(1), 213.

Puspa Handayani, Mira Septiana, A. A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. 4(5), 4604.

Said, R. dan A. (2019). Impelentasi Pendidikan Karakter Islam di Era Milenial Pada Pondok Pesantren Mahasiswa. 9(2), 43.

Sariwandi Syahroni. (2017). Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. 6(1), 13.

Siti Fatimah. (2014). Etika Komunikasi dalam Al Quran Studi Tafsir Surat Al Hujurat Ayat 1-8. 1(2), 100.

Sofia Gussevi dan Nur Aeni Muhfi. (2021). Tantangan Mendidik Generasi Milenial Muslim di Era Revolusi Industri 4.0. 2(1), 47.

Sri Wahyuningsih. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus. UTM Press. Syamsu Nahar, Z. dan R. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini dalam

Persfektif Al Quran. 13(1), 80.

Walinah. (2020). Pendidikan Karakter Era Milenial. Qahar Publisher.

Downloads

Published

2023-05-25